Bahaya Kesehatan Bila Makanan Terlalu Lama di Lemari Es

Rabu, 23 Maret 2011

Makanan yang disimpan di lemari es tidak selalu aman. Sebenarnya banyak bahaya kesehatan yang mengintai dari lemari es bila menyimpan makanan terlalu lama. Seperti dilansir dari suatu situs kesehatan bahwa banyak bahaya yang bisa ditimbulkan bila makanan terlalu lama di lemari es.Bahaya kesehatan tersebut antara lain:
1. Makanan berjamur
Bila jamur tumbuh di sebagian blok dari keju, tak perlu terlalu khawatir. Anda cukup memotong bagian yang berjamur dan masih bisa menikmati sisa kejunya. Tetapi bila jamur tumbuh hampir di seluruh permukaan, sebaiknya buang saja ke tempat sampah. Hal yang sama juga berlaku untuk buah dan sayuran.
Namun, bila jamur tumbuh di makanan lain seperti sisa daging dan unggas, pasta, casseroles, keju lembut, yogurt, selai, roti atau kacang, maka saatnya ucapkan selamat tinggal pada makanan tersebut. Akan sangat berbahaya bila dimakan.
Beberapa jamur dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah pernapasan. Itulah sebabnya tidak pernah ada anjuran untuk mengendus makanan yang sudah berjamur. Beberapa jamur juga menghasilkan mikotoksin; zat beracun yang dapat membuat orang sakit.
2. Susu dan yoghurt yang masam
Mudah untuk mengetahui susu dan yoghurt yang sudah masam, yaitu dengan mengendus. Selain itu, serpihan kecil yang melayang-layang di dalamnya juga dapat menjadi indikator bahwa minuman tersebut sudah tidak sehat.
Jika sudah dalam keadaan terbuka, susu dan yoghurt hanya baik disimpan di lemari es maximal dua hari. Tapi bila kemasan masih utuh, masih aman untuk dikonsumsi. Namun, perlu diketahui bahwa yoghurt secara bertahap akan mulai kehilangan rasa, tekstur dan nutrisi. Akhirnya, mungkin juga menjadi tidak aman untuk dimakan.
3. Bau ikan
Ikan segar dan mentah hanya baik disimpan untuk satu atau dua hari di lemari es. Jika sudah dimasak, bisa bertahan sampai tiga atau empat hari. Tapi harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum dimakan.
4. Daging
Daging bisa saja masih terlihat, berbau dan berasa baik, tetapi itu tidak berarti selalu aman untuk dimakan. Selalu cek tanggal kadaluarsa dan tidak menggunakan daging mentah yang telah disimpan di lemari es selama lebih dari dua hari dan steak selama lebih dari empat hari.
Daging yang sudah dimasak bisa bertahan hingga empat hari. Tapi jika terdeteksi lapisan lendir pada daging, berubah warna atau bau, maka ini benar-benar sangat berbahaya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Entri Populer